Rabu, 11 November 2009

Kab. Kapuas Hulu

Kabupaten Kapuas Hulu adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Kalimantan Barat. Ibu kota kabupaten ini terletak di Putussibau yang dapat ditempuh lewat transportasi sungai Kapuas sejauh 846 km, lewat jalan darat sejauh 814 km, dan lewat udara ditempuh dengan pesawat berbadan kecil dari Pontianak. Memiliki luas wilayah 29.842 km², dan berpenduduk 186.318 jiwa (2002).

Wilayah Kabupaten Kapuas Hulu di sebelah utara berbatasan dengan Sarawak (Malaysia Timur), sebelah timur berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Timur, sebelah barat berbatasan Kabupaten Sintang sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Sintang. Kabupaten Kapuas Hulu Memiliki luas wilayah 29.842 km, yang terbagi menjadi dua puluh tiga kecamatan.

Hasil hutan di wilayah Kesatuan Pemangku Hutan Putussibau dan Semitau jadi andalan utama roda perekonomian Kapuas Hulu. Hasilnya berupa kayu bulat yang terbagi dalam tiga kelompok, meranti, rimba campuran, dan kayu indah. Di sektor perikanan, Kapuas Hulu tergolong habitat puluhan jenis ikan hias, seperti arwana (arowana), dan ulanguli. Habitat ikan ini hanya ada di dalam Danau Sentarum. Di kawasan lain seperti kawasan hulu sungai kapuas, embaloh, mendalam, dan sibau, dengan hasil seperti ikan jelawat, semah, toman, tengadak, belida, lais, entokan, dan baung.

Kabupaten ini memiliki sebuah lapangan terbang yang terletak di kota Putussibau, yaitu Bandar Udara Pangsuma (Bandara Pangsuma), yang memiliki Panjang Landasan / Arah / PCN : 1.004 x 23 m / 10-28 / 5 FCZU, tergolong Kelas : IV. Kemampuan: bisa untuk mendarat jenis pesawat DHC-6, serta memiliki Terminal Domestik : 240 m2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar